Kamis, 29 September 2011

Menggunakan Komponen ADO.NET Dengan VB.NET

<< Sebelumnya : Menggunakan Komponen ADO.NET Dengan VB.NET – Bab 1 – Introduction
 Kali ini kita akan belajar bagaimana membuat koneksi ke database dengan menggunakan beberapa komponen yang telah disediakan ADO.NET. Disini aku anggap kamu sudah bisa membuat database dengan menggunakan fasilitas server explorer.
Sebelum melakukan koneksi pastikan database yang akan digunakan sudah tersedia. Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan koneksi database untuk SQL Server. yaitu :
Pada jendela ToolBox, klik tab Data untuk meletakkan objek ke jendela komponen, lakukan klik 2 kali pada OleDBConnection
Pada jendela komponen akan tampak objek dengan nama OleDbConnection 1. Lakukan klik pada objek tersebut dan pada properties ConnectionString pilih item <New Connection>
Kemudian akan muncul jendela Data Link Properties. Klik tab Provider dan pilih Microsoft OLE DB Provider for SQL Server. Klik tombol Next
Tab Connection akan ditampilkan, kemudian pilih server name masukkan nama komputer server yang digunakan. Jika stand alone PC isikan (local).
Pada pilihan Authentication pilih Windows Authentication. Kemudian masukkan/pilih nama database yang akan digunakan
Selanjutnya coba klik tombol Test Connenction untuk menguji apakah koneksi sudah berhasil

Membuat DataAdapter

Objek data adapter akan bekerja sebagai penghubung antara data yang berada didalam memori dengan sumber data permanen. DataAdapter mempunyai metode Fill() yang akan mengisi DataSet.
langkah2 untuk membuat DataAdapter adalah sebagai berikut :
Pilih komponen OleDbDataAdapter pada jendela ToolBox
Selanjutnya akan dijalankan DataAdapter Configuration Wizard. Pilih tombol Next
Pilih database yang akan dihubungkan dengan DataAdapter. Jika ingin membuat koneksi yang baru, klik tombol New Connection kemunian klik tombol Next
Pada tampilan berikutnya pilih cara akses DataAdapter. Pilih Use SQL Statement, karena kita akan menggunakan perintah SQL, sebagai media koneksi ke tabel.
Klik tombol Next dan tentukan field-field yang akan ditempatkan pada DataSet. Untuk itu klik tombol Query Builder dan pilih tabel yang akan digunakan. Selanjutnya klik tombol Add dan tombol Close.
Tentukan nama2 field dengan cara melakukan klik pada kotak cek disebelah kiri nama field. Lalu klik tombol OK.
Selanjutnya klik tombol Next dan jika tabel yang dipilih telah dikonfigurasikan, klik tombol Finish.
Akhirnya sebuah objek OleDbDataAdapter 1 ditampilkan dijendela komponen.

Membuat DataSet

DataSet merupakan perwujudan data dalam memori yang memberikan model program relational yang konsisten tanpa memperhatikan asal dari sumber data. Ada beberapa cara untuk bekerja dengan DataSet, yang dapat diterapkan sendiri-sendiri atau digabung, antara lain :
  • Menggunakan kode program dengan membuat DataTable, DataRelation dan Constrain dalam DataSet dan populate dengan data.
  • Populate DataSet dari sistem manajemen database relational dengan menggunakan DataAdapter
  • Memanggil DataSet dengan menggunakan XML
Berikut ini langkah2 dalam membuat dataset :
Klik objek OleDbDataAdapter 1 yang baru saja dibuat diatas. Klik kanan kemudian pilih Generate DataSet
Sebuah jendela Generate DataSet akan ditampilkan. Pilih New untuk membuat dataset baru. beri nama yang akan kamu pakai misal ds_barang.
Pilih tabel yang akan digunakan (tabel yang terdapat pada database yang telah dipilih pada pembahasan DataAdapter diatas). Pilih/centang Add this dataset to the designer. Kemudian klik tombol OK.
Hasil akhir dari proses ini adalah dihasilkannya file skema XML (bila kamu menggunakan nama ds_barang maka akan dihasilkan skema XML dengan nama ds_barang.xsd)